SISTEM PENGAPIAN SEPEDA MOTOR

Image
A. Sistem Pengisian ( Charging System )           Sistem pengisian ( charging system ) berfungsi untuk pengisian arus ke baterai oleh tegangan yang dihasilkan oleh alternator selama sepeda motor hidup dengan putaran menengah sampai tinggi. Arus yang dihasilkan oleh alternator adalah arus jenis AC ( Alternating Current ) / arus bolak balik sedangkan baterai memiliki arus jenis DC ( Current ) / arus searah, agar dapat mengisi baterai maka harus di konversi dari AC ke DC dengan bantuan komponen rectifier regulator / penyearah arus. B. Komponen Sistem Pengisian 1. Alternator     Berfungsi sebagai pembangkit listrik jenis arus AC Gambar Alternator Coil 2. Rectifier Regulator     Berfungsi sebagai penyearah arus listrik dari jenis arus listrik AC menjadi jenis arus       listrik DC Gambar rectifier regulator / kiprok 3. Baterai     Berfungsi sebagai penyimpan sementara tegangan listrik untuk di suplai kepada komponen       kelistrikan yang membutuhkan arus listrik Gambar battery

Sistem Rem Sepeda Motor

A. Fungsi Dasar Rem
        Sepeda motor yang melaju dijalanan tidak dapat segera berhenti walau katup gas ditutup penuh dan engine dilepas dari hubungan dengan transmisi (khusus sepeda motor manual transmisi). kelemahan ini harus di atasi dengan maksud mengurangi kecepatan sepeda motor hingga berhenti. Ada juga beberapa fungsi lain dari rem adalah sebagai berikut :
    1. menghentikan sepeda motor bila diperlukan, contohnya berhenti di lampu merah dan 
        berhenti mendadak
    2. Mengontrol kecepatan sepeda motor, contohnya di jalanan yang menurun dan 
        ditikungan atau belokan
    3. Parkir di jalanan yang menanjak (khusus sepeda motor matic yang memiliki rem tangan)

B. Prinsip Kerja Rem
        Engine mengubah energi panas menjadi energi gerak untuk menggerakkan kendaraan. Sebaliknya, rem mengubah energi gerak menjadi energi panas untuk menghentikan kendraaan. Pada umumnya, rem bekerja disebabkan adanya sistem gabungan penekanan melawan sistem gerak putar. Efek pengereman (braking effect) diperoleh dari adanya gesekan yang ditimbulkan antara dua obyek.

C. Jenis Rem
1. Rem Cakram (Disc Brake) , materi bisa dilihat DISINI
2. Rem Tromol (Drum Brake) , materi bisa dilihat DISINI

D. Fading
        Dunia otomotif terdapat beberapa istilah khususnya untuk sistem rem kendaraan, ada istilah yang dikenal fading. Fading adalah suatu kondisi dimana hilangnya kemampuan pengereman karena panas berlebih akibat dari gesekan yang terus menerus (frekuensi pengereman yang lama dan sering)

Comments

Popular posts from this blog

Sistem Rem Hidrolik Sepeda Motor

REM TROMOL (DRUM BRAKE)

SISTEM PENGAPIAN SEPEDA MOTOR