a. Memeriksa cakram secara visual terhadap keretakan/ kerusakan
b. Mengukur ketebalan cakram pada beberapa tempat, apabila hasil pengukuran terkecil lebih
kecil dari batas service yang diijinkan, ganti cakram dengan yang baru.
c. Memeriksa keolengan cakram dengan terlebih dahulu memastikan bahwa bearing roda normal.
Apabila keolengan cakram melebihi limit, cakram harus diganti.
Gambar Pengukuran Ketebalan dan Keolengan Cakram
6. Pemeriksaan keausan brake pad.
a. Keausan brake pad ditunjukkan oleh indikator batas keausan (wear indicator line)
pada brake pad.
b. Permukaan gesek brake pad yang kotor karena debu/terlihat mengkilap dapat dipergunakan
kembali setelah dibersihkan dengan cara diamplas. Jangan menggunakan tekanan udara
ataupun sikat kering untuk membersihkan rem, karena debu rem mengandung
partikel-partikel yang berbahaya bagi kesehatan.
c. Brake pad wajib diganti apabila :
1) Ketebalan kurang dari batas service yang diijinkan.
2) Permukaan gesek brake pad terkena gemuk/oli pelumas.
d. Melakukan air bleeding setelah melakukan pembongkaran sistem hidrolik rem.
Minyak rem memiliki koefisien kompresi yang sangat rendah sehingga hampir
semua gerakan tuas rem atau pedal ditransmisikan langsung ke caliper untuk
tindakan pengereman. Udara adalah mudah dikompresi. Ketika udara masuk sistem
hidrolis rem, gerakan tuas rem atau pedal sebagian akan digunakan dalam mengompresi
udara. Ini akan membuat tuas atau pedal merasa spons (los), dan akan ada kerugian
dalam daya pengereman
Prosedur membleding sistem hidrolis adalah sebagai berikut :
1) Menekan brake lever, kemudian membuka bleed valve ¼ putaran sampai minyak rem
keluar, kemudian menutup lagi bleed valve tersebut.
Catatan :
a) Jangan melepas brake lever atau pedal sampai bleed valve ditutup
b) Sesering mungkin menjaga jumlah minyak rem di reservoir di atas batas minimum
agar tidak ada udara masuk melalui reservoir pada waktu memompa.
2) Melepaskan brake lever perlahan-lahan dan tunggu beberapa detik.
Gambar Proses Bleeding
3) Ulangi langkah (a) dan (b) beberapa kali sampai minyak yang terpompa keluar tidak
mengandung gelembung udara. Kencangkan bleed valve dan pastikan bahwa minyak rem
cukup di dalam reservoir master cylinder. Pasang kembali tutup master cylinder.
Comments
Post a Comment